Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun Kendaraan Listrik di Jakarta

27 March 2022

By: Faisal Anshory

Open Data

Halte Transjakarta

Open Data

Jalur Transjakarta

Open Data

Batas Kelurahan DKI Jakarta

Open Data

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Open Data

Kesesuaian Lokasi

Open Project

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Jakarta

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta
Kendaraan listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Diantaranya adalah kendaraaan tidak menghasilkan emisi dan bahan bakarnya relatif lebih murah sehingga mampu menjaga keramahan lingkungan. Meskipun demikian, kurangnya infrastruktur dapat membatasi minat masyarakat untuk penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Hal tersebut dapat digunakan dengan sistem pendukung keputusan metode AHP dengan memanfaatkan data spasial.

PENDAHULUAN

Transisi dari penggunaan kendaraaan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik dapat membuka jalan menuju sistem transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Meskipun demikian, keterbatasan dari ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik masih menjadi salah satu hambatan dan penyebab range anxiety dalam adopsi masal transisi tersebut, khususnya di kota besar di Indonesia. Salah satunya adalah DKI Jakarta yang memiliki tingkat motorisasi yang tinggi. Projek ini dibuat dengan tujuan untuk untuk mengukur dan mengidentifikasi lokasi strategis dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di DKI Jakarta kedepannya.

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

DATA DAN METODE

Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber. Adapun data yang digunakan dalam analisis ini antara lain:

1. Data Halte dan Jalur Transjakarta (Sumber: Jakarta Satu)

2. Data Stasiun KRL (Sumber: BIG)

3. Data Batas Administrasi (Sumber: Jakarta Satu)

4. Data Kepadatan Penduduk (Sumber: Open Data Jakarta)

5. Data Persebaran Pusat Kegiatan (Sumber: Jakarta Satu)

6. Data Stasiun Kendaraan Listrik yang Sudah Ada (Sumber: Google Maps)

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

Pengolahan data dilakukan pembuatan buffer terhadap parameter halte transjakarta dan stasiun KRL. Dimana diasumsikan dengan jarak 800 m dapat ditempuh 10 menit dengan jalan kaki. Selanjutnya dari buffer yang telah dibentuk, dilakukan analisis kesesuaian dengan anggapan:

1. Lokasi semakin tidak sesuai jika berdekatan dengan stasiun kendaraan listrik eksisting,

2. Lokasi semakin tidak sesuai jika berdekatan dengan halte transjakarta dan stasiun KRL karena kebutuhan untuk menggunakan kendaraan pribadi semakin kecil,

3. Lokasi semakin sesuai jika berdekatan dengan titik-titik pusat kegiatan,

4. Lokasi semakin sesuai jika berada di kawasan dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Pembobotan terhadap parameter menggunakan pendekatan AHP (Analytical Hierarchy Process). Penilaian terhadap setiap data berdasarkan studi literatur dan penelitian yang sudah ada, yang kemudian dihitung kembali berdasarkan ketersediaan data yang dimiliki. Nilai bobot untuk setiap data adalah sebagai berikut:

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan hasil klasifikasi terhadap penilaian kesesuaian lokasi dengan metode AHP yang sudah dilakukan. Daerah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan memiliki banyak sebaran lokasi dengan kecocokan yang tinggi. Hal ini akibat densitas stasiun kendaraan listrik yang sudah ada relatif hanya terpusat di Jakarta Pusat. Sehingga, area dengan nilai kesesuaian tinggi tersebar di sekitar pusat densitas stasiun untuk memenuhi kebutuhan stasiun di tempat lainnya dan mengurangi range of anxiety dari proses transisi ke kendaraan listrik.

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

DAFTAR PUSTAKA

Karolemeas C, Tsigdinos S, Tzouras PG, Nikitas A, Bakogiannis E. Determining Electric Vehicle Charging Station Location Suitability: A Qualitative Study of Greek Stakeholders Employing Thematic Analysis and Analytical Hierarchy Process. Sustainability. 2021; 13(4):2298. https://doi.org/10.3390/su13042298

Data Publications

Potensi Lokasi Pergudangan di Kawasan Peruntukan Industri (KPI) BUTOM Kabupaten Sumedang

Research

10 Apr 2025

Andina Adma Fitriyanti

Potensi Lokasi Pergudangan di Kawasan Peruntukan Industri (KPI) BUTOM Kabupaten Sumedang

Analisis Lokasi Gudang

8 min read

222 view

1 Projects

Analisis Potensi Lahan Investasi Berbasis Spasial di Kabupaten Majalengka

City Planning

02 Apr 2025

Munazilah Rohiyal Ma'ani

Analisis Potensi Lahan Investasi Berbasis Spasial di Kabupaten Majalengka

Majalengka Regency, West Java, is developing a new industrial area. This area is designated as a Center for Industrial Growth (WPPI). It aims to boost the eastern region's economy and focus economic activity towards Cirebon.

9 min read

246 view

2 Projects

Analisis Keterjangkauan Supermarket Skala Besar di Kota Yogyakarta

Retail

27 Mar 2025

Diva Amevia Mahendradani

Analisis Keterjangkauan Supermarket Skala Besar di Kota Yogyakarta

Analisis ini mengevaluasi keterjangkauan supermarket di Kota Yogyakarta dengan mempertimbangkan distribusi spasial supermarket, aksesibilitas berdasarkan isochrone analysis, serta keterjangkauannya terhadap kepadatan penduduk. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi wilayah dengan akses optimal dan area yang kurang terlayani guna mendukung perencanaan tata ruang dan distribusi fasilitas perdagangan.

23 min read

235 view

2 Data

1 Projects

Analisis Jangkauan Transportasi di Sekitar Destinasi Wisata Kota Bogor dengan Pendekatan Isochrone Zona 500m, 1000m, dan 2000m

Transportation

02 Apr 2025

Nadiyah hasnah

Analisis Jangkauan Transportasi di Sekitar Destinasi Wisata Kota Bogor dengan Pendekatan Isochrone Zona 500m, 1000m, dan 2000m

Proyek ini bertujuan untuk menganalisis jangkauan transportasi di sekitar destinasi wisata Kota Bogor menggunakan pendekatan isochrone dengan zona 500m, 1000m, dan 2000m. Analisis ini akan membantu dalam memahami aksesibilitas transportasi publik dan infrastruktur jalan terhadap titik-titik wisata utama, sehingga dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan sistem transportasi yang lebih inklusif dan efisien.

9 min read

190 view

1 Projects

Terms and Conditions
Introductions
  • MAPID is a platform that provides Geographic Information System (GIS) services for managing, visualizing, and analyzing geospatial data.
  • This platform is owned and operated by PT Multi Areal Planing Indonesia, located at
  • mapid-ai-maskot