Analisis Jangkauan Layanan BisKita Trans Depok: Studi Kasus Koridor K1 (Terminal Depok Baru - LRT Harjamukti)

02 April 2025

By: Amanda Apsarini Widyadhari

Open Data

DEMOGRAFI DI KOTA DEPOK SEMESTER II TAHUN 2024

Open Data

TITIK SEBARAN HALTE KORIDOR K1 BISKITA TRANS DEPOK DI KOTA DEPOK TAHUN 2025

Open Data

POI BERBAGAI SEKTOR DI KOTA DEPOK TAHUN 2025

Open Project

JANGKAUAN LAYANAN BISKITA TRANS DEPOK DI KOTA DEPOK TAHUN 2025

Analisis Jangkauan Layanan BisKita Trans Depok: Studi Kasus Koridor K1 (Terminal Depok Baru - LRT Harjamukti)

PENDAHULUAN

Transportasi publik merupakan salah satu elemen penting dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Ketersediaan sistem transportasi yang terjangkau, terintegrasi, dan mudah diakses tidak hanya mendukung efisiensi mobilitas masyarakat, melainkan juga berkontribusi terhadap pengurangan penggunaan kendaraan pribadi, penurunan emisi, serta pemerataan akses terhadap pusat-pusat kegiatan kota. Pada wilayah metropolitan seperti Jabodetabek, tantangan transportasi menjadi isu strategis karena tingginya intensitas aktivitas dan pertumbuhan wilayah yang tidak selalu diimbangi dengan infrastruktur pelayanan publik yang merata.

Sebagai bagian dari kawasan penyangga DKI Jakarta, Kota Depok terus mengalami pertumbuhan aktivitas perkotaan yang dinamis. Pemerintah Kota Depok menanggapi kebutuhan mobilitas masyarakat melalui penyediaan layanan Bus Rapid Transit (BRT) BisKita Trans Depok. Meskipun layanan ini masih berada dalam tahap awal dengan satu koridor, evaluasi terhadap jangkauan layanan menjadi penting untuk melihat sejauh mana layanan tersebut mampu menjangkau pusat-pusat aktivitas masyarakat di kota. Analisis spasial terhadap jangkauan layanan dapat menjadi dasar penting dalam menilai efektivitas sistem transportasi publik serta merumuskan arah pengembangan layanan ke depan secara lebih merata dan responsif terhadap kebutuhan ruang kota. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jangkauan layanan BisKita Trans Depok serta mengevaluasi ketercakupan layanan tersebut terhadap sebaran aktivitas masyarakat di Kota Depok yang direpresentasikan melalui persebaran Point of Interest (POI).

METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan data spasial yang terdiri dari titik lokasi halte BisKita Trans Depok, peta administrasi wilayah Kota Depok, serta peta sebaran aktivitas kota yang direpresentasikan dalam bentuk Point of Interest (POI). Informasi titik halte BisKita Trans Depok diperoleh dari aplikasi MitraDarat dan dilakukan digitasi. Sementara itu, data administrasi wilayah Kota Depok dan sebaran POI diperoleh dari database MAPID. Dengan peta administrasi wilayah digunakan untuk memberikan konteks wilayah yang dilayani.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini berbasis pendekatan spasial berupa pembuatan jangkauan layanan sejauh 400 meter dari masing-masing titik halte menggunakan fitur radius/buffer pada toolbox GEO MAPID.

Berdasarkan acuan oleh para perencana dalam mengukur jangkauan layanan transportasi publik berada pada kisaran 400 hingga 800 meter (El-Geneidy et al., 2009; Hess, 2009; Hsiao et al., 1997; Kimpel et al., 2007; Lovett et al., 2002, seperti dikutip dalam Kusuma et al., 2017).

Pemetaan POI akan memanfaatkan fitur INSIGHT MAPID. Pada penelitian ini POI dibatasi pada pendidikan, pemerintahan, kesehatan, transportasi, dan rekreasi/ruang publik dengan skala layanan dari tingkat kelurahan hingga kota.

Kajian aksesibilitas transportasi publik di kawasan metropolitan umumnya memanfaatkan data spasial POI yang menggambarkan distribusi titik pusat kota, bangunan penting, landmark, ruang terbuka publik, serta fasilitas umum lainnya (Saghapour et al., 2016 sebagaimana dikutip dalam Valentine et al., 2023).

Klasifikasi POI Kota Depok

HASIL DAN PEMBAHASAN

Peta Persebaran Halte BisKita Trans Depok di Kota Depok

Titik-titik halte berwarna biru disimbolkan sebagai halte dengan rute Terminal Depok Baru – LRT Harjamukti dan titik-titik berwarna kuning disimbolkan sebagai halte dengan rute LRT Harjamukti - Terminal Depok Baru. Disimpulkan sebaran halte BisKita Trans Depok pada Koridor Terminal Depok Baru – LRT Harjamukti membentuk pola linier yang mengikuti jalur utama kota, dengan konsentrasi titik layanan di wilayah tengah hingga timur Kota Depok. Sedangkan wilayah barat seperti Kecamatan Sawangan, Kecamatan Bojongsari, ataupun Kecamatan Cinere belum tercakup layanan halte dalam koridor ini. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan koridor BisKita masih berada pada tahap awal dan belum menjangkau seluruh wilayah kota secara merata. Adapun keberadaan halte LRT Harjamukti yang memiliki jarak cukup jauh dari halte Nurul Falah atau Cisalak I disebabkan jalur yang dilewati yaitu jalan tol. Namun ini juga menjadi langkah strategis untuk mewujudkan sistem transportasi yang terintegrasi, terutama dengan moda LRT yang dapat menghubungkan Depok dengan pusat Jakarta. Namun tetap diperlukan pengembangan koridor lanjutan yang mampu memperluas jangkauan layanan transportasi publik ke wilayah yang belum tersentuh, terutama kawasan dengan kepadatan penduduk dan aktivitas tinggi di luar koridor eksisting.

Peta Jangkauan Layanan Halte BisKita Trans Depok dengan Radius 400 Meter

Menggunakan buffer 400 meter menggambarkan area potensial yang dapat dijangkau oleh pengguna dengan berjalan kaki dari titik halte. Pola radius antar halte menunjukkan sebagian besar area layanan saling beririsan, menciptakan jangkauan yang cukup rapat di sepanjang koridor sehingga pengguna bus dapat memilih lebih dari satu titik naik/turun. Namun terdapat beberapa titik dengan jarak antar radius yang renggang, sehingga berpotensi menyebabkan potensi keterbatasan jangkauan terhadap permukiman atau fasilitas publik yang berada di luar radius tersebut. Kemudian penting untuk memastikan kemudahan akses dari dan menuju halte benar-benar efektif menjangkau kebutuhan mobilitas masyarakat. Oleh karena itu, integrasi dengan moda pengumpan seperti angkutan kota, jalur pedestrian yang aman dan nyaman, serta penambahan halte pada titik-titik strategis yang belum terjangkau dapat menjadi langkah lanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik di Kota Depok.

Peta Jangkauan Layanan Halte BisKita Trans Depok terhadap POI

Hasil analisis sebaran titik fasilitas publik (POI) dan kepadatan penduduk dengan titik halte BisKita Trans Depok pada tahap pertama yaitu Koridor K1 menunjukkan bahwa sebagian besar halte yang ada saat ini berada di zona dengan klasifikasi "tidak sesuai" atau bahkan "sangat tidak sesuai", sehingga belum menjangkau wilayah-wilayah yang memiliki kebutuhan layanan tinggi. Hal ini menimbulkan adanya gap antara orientasi jaringan rute dan kebutuhan spasial riil di lapangan. Di sisi lain, rute Transjakarta D11 yang juga menghubungkan Terminal Depok Baru dengan Cawang Sentral melalui Jalan Ir. H. Juanda sebenarnya telah memberikan layanan alternatif untuk koridor serupa, meskipun belum secara signifikan mengisi gap layanan yang ditunjukkan oleh peta sebaran POI dan penduduk. Dalam konteks ini, pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Zamrowi, menekankan bahwa keberadaan halte di kawasan Tole Iskandar dan Simpangan memiliki fungsi melayani penumpang lokal menjadi pembeda penting antara Trans Depok dan rute Transjakarta D11 yang lebih berorientasi pada pergerakan antar simpul. Meskipun secara spasial wilayah yang benar-benar membutuhkan layanan berdasarkan analisis POI dan demografi belum sepenuhnya terlayani. Oleh karena itu, pengembangan koridor lanjutan sebaiknya mempertimbangkan distribusi kebutuhan spasial agar tercipta layanan yang lebih merata, adil, dan berbasis kebutuhan.

KESIMPULAN

Analisis menunjukkan bahwa sebaran halte BisKita Trans Depok Koridor K1 masih terkonsentrasi di jalur utama kota dengan pola linier, dan memiliki akses layanan yang cukup berkesinambungan dalam radius 400 meter. Namun, jangkauan layanan halte terhadap wilayah dengan kepadatan penduduk dan persebaran POI tinggi masih terbatas, sehingga belum sepenuhnya menjawab kebutuhan spasial masyarakat. Adapun tahap awal pengembangan BisKita Trans Depok ini lebih berorientasi pada aksesibilitas antar simpul, khususnya integrasi dengan moda lain seperti LRT. Oleh karena itu, pengembangan koridor lanjutan perlu diarahkan untuk memperluas cakupan secara merata dan berbasis kebutuhan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Kusuma, A., Arisyi, D. G., & Tjahjono, T. (2017). Persepsi Pejalan Kaki di Akhir Perjalanan Harian. Jurnal Transportasi, 17(3). http://journal.unpar.ac.id/index.php/journaltransportasi/article/download/2867/2457

Ramadhanty, D. A., & Pratama, A. M. (2024, July). Biskita Trans Depok Ditargetkan Bisa Beroperasi di Lima Koridor. https://megapolitan.kompas.com/read/2024/07/04/19072591/biskita-trans-depok-ditargetkan-bisa-beroperasi-di-lima-koridor

Valentine, V., Devi, M. K., & Pramana, A. Y. E. (2020). Jangkauan Layanan Trans Jogja terhadap Sebaran Aktivitas di Kawasan Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Transportasi, 20(3).

Data Publications

Analisis Potensi Lahan Investasi Berbasis Spasial di Kabupaten Majalengka

City Planning

02 Apr 2025

Munazilah Rohiyal Ma'ani

Analisis Potensi Lahan Investasi Berbasis Spasial di Kabupaten Majalengka

Majalengka Regency, West Java, is developing a new industrial area. This area is designated as a Center for Industrial Growth (WPPI). It aims to boost the eastern region's economy and focus economic activity towards Cirebon.

9 min read

245 view

2 Projects

Analisis Keterjangkauan Supermarket Skala Besar di Kota Yogyakarta

Retail

27 Mar 2025

Diva Amevia Mahendradani

Analisis Keterjangkauan Supermarket Skala Besar di Kota Yogyakarta

Analisis ini mengevaluasi keterjangkauan supermarket di Kota Yogyakarta dengan mempertimbangkan distribusi spasial supermarket, aksesibilitas berdasarkan isochrone analysis, serta keterjangkauannya terhadap kepadatan penduduk. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi wilayah dengan akses optimal dan area yang kurang terlayani guna mendukung perencanaan tata ruang dan distribusi fasilitas perdagangan.

23 min read

232 view

2 Data

1 Projects

Analisis Jangkauan Transportasi di Sekitar Destinasi Wisata Kota Bogor dengan Pendekatan Isochrone Zona 500m, 1000m, dan 2000m

Transportation

02 Apr 2025

Nadiyah hasnah

Analisis Jangkauan Transportasi di Sekitar Destinasi Wisata Kota Bogor dengan Pendekatan Isochrone Zona 500m, 1000m, dan 2000m

Proyek ini bertujuan untuk menganalisis jangkauan transportasi di sekitar destinasi wisata Kota Bogor menggunakan pendekatan isochrone dengan zona 500m, 1000m, dan 2000m. Analisis ini akan membantu dalam memahami aksesibilitas transportasi publik dan infrastruktur jalan terhadap titik-titik wisata utama, sehingga dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan sistem transportasi yang lebih inklusif dan efisien.

9 min read

188 view

1 Projects

Analisis Hubungan Peningkatan Kadar TSS dan Pemukiman di Sekitar Waduk Kedung Ombo Menggunakan Korelasi Pearson

Environment

23 Apr 2025

HIMA SAIG UPI

Analisis Hubungan Peningkatan Kadar TSS dan Pemukiman di Sekitar Waduk Kedung Ombo Menggunakan Korelasi Pearson

Environmental issues are a crucial global concern. With increasing human needs and activities, these problems, influenced by climate, pollution, and unsustainable resource management, demand urgent solutions due to their direct impact on ecosystems. Water pollution, in particular, poses a serious threat with widespread consequences, stemming from agricultural, domestic, and household waste. In Indonesia, this issue is exacerbated by population density, affecting reservoirs, rivers, and irrigation systems, necessitating active community and government involvement.

26 min read

186 view

Terms and Conditions
Introductions
  • MAPID is a platform that provides Geographic Information System (GIS) services for managing, visualizing, and analyzing geospatial data.
  • This platform is owned and operated by PT Multi Areal Planing Indonesia, located at
  • mapid-ai-maskot